10 Cara Mudah Perpanjang Paspor 2019

Hi guys,

Sebenarnya post ini out of topic banget, tapi karena gw baru perpanjang paspor di Maret 2019 ini, gw akan share beberapa tips buat kalian yang bakalan perpanjang paspor tapi belum pernah menggunakan antrian online Apps yang bisa kalian download di Google Play Store, gini caranya:

  1. Download Aplikasi Antrian paspor online di Google Play Store, harus di handphone android ya, terus kalian bisa register dengan isi data diri kalian di dalam dan buat account, ingat catat username dan password kalian ya, jangan sampai lupa.
  2. Setelah itu kalian bisa memilih kantor tempat kalian ingin perpanjang paspor. Kalian ga harus pergi ke kantor yang sesuai dengan alamat di KTP kok. Contohnya kemarin gw tinggal di Jakarta Utara, tapi ke kantor imigrasi di Angke, Jakarta Barat.
  3. Pendaftaran itu dibuka setiap hari Jumat pkl. 14.00 – Minggu jam 16.00 setiap minggunya, dan kalian akan mendapatkan jadwal untuk datang ke kantor imigrasi di hari Senin – Jumat minggu depannya. Seperti ngantri konser BTS, kuota sangat terbatas, apalagi kalau mau deket liburan, habis dalam 30 menit untuk jadwal 1 minggu ke depan. Jadi saya sarankan untuk stand by di aplikasi jam 13.55 setiap hari Jumat. Kalian bisa pilih jadwal pagi atau siang, saya sarankan jadwal pagi. Karena 1 jam sebelum kantor buka pun banyak yang sudah mengantri, namun tidak mengerikan seperti dulu. Yang datang pasti sesuai kuota pada aplikasi, tidak mungkin lebih.
  4. Setelah memilih kantor imigrasi yang akan dikunjungi kalian akan diminta mengisi data lagi serta scan halaman data diri paspor yang ingin kalian perpanjang. Di aplikasi sebenarnya ada opsi untuk memilih pendaftaran paspor baru atau perpanjang paspor, namun ini tidak begitu masalah karena bisa menukarnya saat kedatangan kalian ke kantor imigrasi nanti. Kalian bisa mendaftarkan untuk keluarga maksimal 5 orang yang terdaftar dalam 1 akte keluarga.
  5. Sebelum datang,  siapkan surat seperti KTP, Akta Keluarga, Akta Nikah, dan paspor lama baik asli maupun fotocopy di A4. Pastikan kalian fotocopy KTP jangan digabung sama Akta, terus jangan juga dipotong kertasnya. Jadi walau fotocopynya hanya di 1/4 kertas, tetap bawa kertas A4 utuh. Jangan lupa bawa Materai 6000 rupiah (2 pcs untuk setiap orang)
  6. Datang ke kantor imigrasi sepagi-paginya, pengalaman saya, saya daftar untuk jam 10 pagi, saya datang jam 8.30, kantornya sudah penuh dan dilayani sesuai antrian masuk
  7. Ambil formulir di petugas depan pintu. Ada 2 formulir yang harus diisi dan ditempel materai 6000 yang telah kita siapkan. Setelah itu, kumpulkan kembali formulir tersebut ke petugasnya dan tunggu dipanggil untuk pengecekkan data. Biar aman, data yang telah disiapkan, dimasukkan ke satu map, jadi kalian ga bingung nantinya.
  8. Setelah itu, kalian akan diarahkan ke ruangan dimana kalian akan diambil fotonya dan interview. Begitu kalian masuk ruangan, jangan duduk dan bengong, tapi langsung berikan data kalian yang tadi telah dicek kepada petugas di ruangan tersebut. Kemudian baru duduk dan tunggu namanya dipanggil.
  9. Nama kalian akan dipanggil terus kalian akan duduk di bilik foto. Kalian akan ditanyakan beberapa data yang akan tertera di paspor, seperti nama lengkap, tujuan paspor, dll. Jawab saja sejujurnya, ga ada efeknya sih selama kalian jawabnya paspor digunakan untuk liburan dan berobat/check up.
  10. Setelah selesai kalian akan diberikan waktu untuk pengambilan paspor serta struk untuk pembayaran paspor. Untuk paspor non elektronik, cukup membayar Rp. 355.000, – per orang ke bank terdekat, cth: bank mandiri, bank BNI, dll. Simpan bukti bayar dan bawa kembali struk tersebut untuk ditukarkan dengan paspor nantinya. Saat pengambilan paspor, jangan lupa untuk mengecek kembali data yang tertera di dalam paspor.

Note:

Bagi kalian yang namanya hanya terdiri dari 1 suku kata, kalian bisa menambahkan nama di dalam paspor dan infonya kepada petugas yang interview nanti. Supaya ketika kalian mau keluar negeri, pengajuan visa, prosesnya akan jauh lebih mudah dan kalian ga ditanya yang terlalu berbelit-belit di imigrasi negara lain.

Sekian tips dari gw, kalau ada yang mau ditanyain, tinggal tanya di kolom komen ya. I will be happy to help you guys.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s